Senin, 08 Oktober 2012

Mari Sholawat kepada Nabi

Diantara hak Rasulullah yang disyariatkan Allah kepada umatnya yaitu mereka yang mengucapkan sholawat dan salam kepadanya. Penjelasan ini diperintahkan langsung oleh Allah dalam Q.S Al-Ahzab:56 yang berbunyi : 

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَـٰٓٮِٕڪَتَهُ ۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّۚ يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

سُوۡرَةُ الاٴحزَاب


"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawat lah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."(Al-Ahzab:56).

Diriwayatkan bahwa makna sholawat Allah kepada nabi adalah pujian atas beliau di hadapan para malaikat-Nya, sedangkan bentuk sholawat para malaikat berarti mendoakannya, sedangkan sholawat umatnya berarti permohonan ampun untuknya.(Demikian seperti yang disebutkan Al-Bukhari dari Abul 'Aliyah).

Dari ayat di atas bahwasanya Allah memuji Rasul di hadapan para malaikt-Nya dengan menyebut tentang kedudukan Rasul di tempat yang tertinggi. Dan para malaikat seraya bersholawat mendoakan untuknya. Kemudian Allah menyeru seluruh penghuni alam agar mengucapkan sholawat dan salam atasnya, sehingga bersatulah pujian untuk beliau di alam yang tertinggi dengan alam terendah (dunia).




Adapun makna "sallimuu tasliuiman" adalah berilah beliau penghormatan dengan penghormatan Islam. Jadi hendaknya tidak megucapkan  Shollallahu 'alaihisaja ataualaihissalam saja
melainkan, menghimpunnya menjadi satu yaitu Shollallahu 'alaihi wasallam
Nah, dari itu teman-teman,mari kita memperbanyak sholawat kepada Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam.Semoga kita dipertemukan oleh Allah dengannya di jannah kelak. Amin. :)



Ya, Allah... kami umat Muhammad sangat rindu kepanya Ya Allah, pertemukanlah kami dengannya di syurga. Amin. :'-)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons